qflee

Indonesia Kehilangan Ruh

In catatan pendek on 5 Agustus 2010 at 3:00 am

Betulkah Indonesia telah kehilangan ruh? Pertanyaan ini muncul seketika membaca pernyataan peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mochtar Pabbotingngi dalam sebuah seminar baru-baru ini.

Jangan-jangan selama ini kita sebagai sebuah bangsa yang besar ternyata hanya ibarat tubuh tanpa jiwa. Apakah ada relevansinya dengan berbagai dinamika sosial politik yang menyesakkan dada?

Berbagai macam pertanyaan muncul dalam benak, melihat kondisi bangsa yang sepertinya tidak jelas arah dan tujuannya. Selama ini kita telah menaruh harapan besar terhadap reformasi namun kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Lihat saja disekeliling kita, masyarakat menjadi acuh tak acuh dengan keadaan. Guru-guru tidak lagi ambil pusing dengan anak didik mereka. Yang terpenting adalah bagaimana mengurus dana BOS serta bantuan-bantuan asing lainnya. Para pegawai negeri juga bermalas-malasan bekerja, dalam pikiran, buat apa kerja keras toh yang dapat promosi paling kerabat dekat pejabat dan orang berduit saja.

Para ulama dan tokoh-tokoh masyarakat memilih diam dan bersembunyi. Mereka takut bersuara ditengah keadaan yang serba tidak pasti ini. Remaja asyik dengan dunianya sendiri. Mereka bingung kepada siapa lagi yang bisa diajak duduk bersama dan berdiskusi.

Pemimpin pun tak mampu berbuat banyak. Kondisi politik membuat mereka memilih jalur yang aman. Sangat susah kita menemukan sosok pemimpin yang tegas dan berpihak pada rakyat banyak. Pemimpin menjadi jauh dengan rakyat. Mereka lebih condong ke kelompok atau organisasinya dan para pemilik modal.

Indonesia telah kehilangan ke Indonesiaannya 😦

Iklan
  1. Mungkin bukan kehilangan roh, pak? Namun kita telah mengabaikan roh yang ada di dalam diri kita. Jadinya…kita ini seperti orang mati yang digerakkan entah oleh siapa?!

  2. betul….

  3. Betul … Betul … Betul 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: