qflee

KPK-POLRI Dan Rekayasa Media

In catatan pendek on 3 November 2009 at 6:55 am

Gelombang tekanan berbagai elemen masyarakat dalam menyikapi kisruh antara KPK-POLRI memberi dampak yang tak terduga sebelumya. Dukungan besar dari publik yang dituangkan dalam berbagai aksi di media membawa kita pada paradigma baru dalam memandang peran media massa di era kekinian.

Di era pemerintahan otoriter sekalipun tak luput dari gempuran aksi-aksi moral publik melalui beragam media yang mudah diakses kapan dan dimanapun. Efek bola salju tak terhindarkan yang pada gilirannya mampu mengubah pandangan umum masyarakat atas sebuah isu yang diangkat.

Dalam benak timbul pertanyaan, betulkah dengan sebuah rekayasa media massa mampu menjadi saluran efektif bagi tercapainya sebuah tujuan. Akankah ini menjadi trendi bagi para penggiat LSM maupun organisasi kemasyarakatan lainnya dalam memperjuangkan cita-citanya?

Mengambil hikmah dari kasus diatas, gerakan para facebookers istilah lain dari jaringan pertemanan online melalui gerakan sejuta dukungan untuk Bibit-Chandra pimpinan KPK non aktif terbukti sukses mengumpulkan ratusan ribu lebih fans hanya dalam waktu singkat.

Disisi lain sebenarnya masih ada isu yang mempunyai dampak hukum dan ekonomi begitu besar bagi masyarakat tapi nyatanya tidak dilirik oleh media massa.

Advokat terkenal O. C. Kaligis dalam wawancara eksklusif dengan Metro TV mengaku sangat heran dengan menderu-derunya pemberitaan tentang Bibit-Chandra. Beliau sendiri mempertanyakan ada apa dibalik getolnya media memblowup kasus ini sedang dipihak tersangka sendiri diam seribu bahasa.

Disinilah peran para aktor intelektual dibutuhkan dalam menyikapi sebuah isu. Memainkan sebuah keywords yang dapat menjadi magnet bagi media sekaligus menggunakannya untuk membentuk opini yang pada akhirnya mampu mengubah keputusan sesuai dengan tujuan yang dikehendakinya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: