qflee

Media Partisan

In Tak Berkategori on 11 Juni 2009 at 3:20 am

Deklarasi kampanye damai sudah selesai sekarang mari kita lihat apa yang telah diucapkan sesuai dengan kenyataan dilapangan atau tidak. Jangan sampai siap menang dan siap kalah cuma sebatas bibir saja.

Apa yang dipertontonkan para capres dan cawapres semalam membuat hati kita lega. Setidak-tidaknya harapan akan perhelatan demokrasi lima tahunan ini bisa berjalan aman dan lancar. Mengapa tidak? Satu persatu calon menghimbau dan mengajak kita untuk tetap saling bersatu walaupun berbeda paham atau aliran. Kita bisa melihat betapa jiwa kenegarawanan semua calon tak perlu diragukan lagi.

Dari sisi media, yang terjadi justru sebaliknya. Banyak media yang menempatkan diri sebagai tukang komporin. Memanas-manaskan situasi sepertinya antara kubu yang satu dengan kubu yang lainnya siap berperang hidup atau mati. Kita tentu berharap semua media tetap pada posisi netral, tidak membela paket manapun. Tetapi tetap berpihak pada kepentingan rakyat.

Masyarakat pun hendaknya jangan mudah terpancing dengan propaganda semua media partisan. Perlu kearifan dalam mencerna semua informasi yang muncul. Intinya biarkan rakyat memilih pemimpin yang disukai dan dikehendakinya. Dan hak rakyat juga untuk mendapatkan informasi yang berimbang dan proporsional.

Iklan
  1. Persaingan antar media sangat ketat sehingga dia menghalalkan segala cara untuk tetap eksis. Celakanya, ilmunya adalah adu jangkrik, atau kalau di Garut namanya adu domba, tidak peduli dombanya berdasi atau berkebaya, yang penting penonton bersorak senang (human interest). Juga tidak peduli negara ini akan bertambah baik atau tidak.
    Coba simak, bagaimana Majelis Ulama protes Menteri Kesehatan tentang halal-haram (yang tidak dikatakannya)
    Bagi yang tidak mau jadi domba, mudah saja, ketik REG spasi klarifikasi/konfirmasi sebelum bereaksi atau menjawab pertanyaan atau menanggapi statemen. Ok?

  2. Industrilisasi media membuat idealisme dipertaruhkan atau bahkan digadaikan. Trims sudah berkesempatan memberikan komentarnya Pung šŸ™‚

  3. Ada baiknya masyarakat pembaca media tidak membeli media partisan šŸ™‚

  4. Kalau memang media mau jujur dan tidak berpihak kecuali pada kepentingan rakyat maka sangat tepat kalau dikatakan sebagai pilar demokrasi.

    Namun yang terjadi sekarang justru kebalikannya, mayoritas media telah sepenuhnya menjadi industri dan bumper bagi para penguasa.

    Salam mas šŸ™‚

  5. Sekarang para buruh media juga menuntut perbaikan kesejahteraan. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: