qflee

Putusan bebas Muchdi, PR terberat SBY

In Hak Asasi Manusia on 3 Januari 2009 at 7:14 am

Keputusan bebas Muchdi menyisakan PR bagi pemerintahan SBY.

Tanda tanya besar bagi masyarakat adalah siapa aktor intelektual pembunuhan aktivis kontras Munir? Dan ini belum terjawab tuntas.

Sebagai negara demokrasi bagaimana pun juga kita tetap menghormati keputusan tersebut. Hanya saja tentu kita tidak boleh mengabaikan tuntutan keadilan serta kebenaran dari masyarakat.

Secara logika untuk mencari tahu siapa sebenarnya pelaku utama sekaligus mengurai benang kusut dari kasus tersebut pihak penyidik hendaknya lebih proaktif mengumpulkan informasi berkaitan dengan bukti baru yang bisa jadi pintu masuk pengungkapan kasus yang sangat ditunggu-tunggu masyarakat luas ini.

Masyarakat pun mempunyai kesempatan serta akses yang seluas-luasnya guna mengungkap otak pembunuhnya. Informasi dari masyarakat yang mungkin selama ini belum terekspos kiranya bisa menjadi jalan baru bagi pihak penyidik untuk mengungkap kasus ini.

Kita semua berharap kasus ini bisa tuntas seluruhnya sehingga semua pihak dapat menerima serta menjadi pelajaran sangat berharga bagi bangsa ini dalam menata hukum dan membangun demokrasi.

Kecurigaan berbagai pihak atas keputusan tersebut memang pantas. Adalah tugas dari komisi yudisial untuk membuktikannya.

Iklan
  1. doh, maaf ya… munir itu bukan pahlawan, terlalu di besar besarkan, masih banyak urusan bangsa ini yang lebih penting, dari sekedar mengurusi dia, yang hanya bisa mengkritik pemerintah tapi tidak bisa memberikan solusi

  2. Memang urusan HAM bukan urusan penting? Mana bisa kita bebas ber blog ria begini kalau bukan karena kebebasan HAM. Dan banyak lagi buah kebebasan yang kita bisa nikmati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: