qflee

Mari Berlomba Habiskan Anggaran

In korupsi on 22 Desember 2008 at 11:52 pm

Kalau ada perlombaan paling seru setiap akhir tahun barangkali perlombaan ini tidak ada duanya. Dan pihak yang kalah selalu itu-itu terus, siapa lagi kalau bukan negara.

Ya, perlombaan menghabiskan anggaran yang setiap akhir tahun harus ditutup. Dan kita semua tentu sangat kaget melihat berita bahwa di Departemen Koperasi yang mewadahi UMKM terpaksa atau dipaksa mengembalikan anggaran bergulir untuk bantuan UMKM ke kas negara yang jumlahnya sangat besar.

Memang itulah yang terjadi di negeri ini. Rumus “mumpung” atau dari “dulu juga begitu” telah menjadi alasan pembenar untuk menghambur-hamburkan uang negara.
Mumpung lagi jelang deadline pokoknya habiskan saja. Kenapa mesti takut? Toh dari dulu juga sudah berlaku seperti ini.

Entah siapa yang memulai yang pasti tradisi menghabiskan uang negara yang nota bene adalah uang rakyat atau mungkin pinjaman negara sudah lumrah dimata setiap birokrasi. Tidak ada yang melarang, semua maklum. Semua berlomba. Semua asyik-asyik saja.

Bagaimana dengan badan pemeriksa? Siapa takut! Toh mereka juga manusia biasa. Ada keluarga yang harus dihidupi juga. Cukup diajak kerjasama maka semuanya tuntas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: