qflee

Reformasi di Tubuh Depag

In catatan pendek on 21 Desember 2008 at 2:20 am

Kisruh per-haji-an ditanah air tidak pernah berhenti. Sepanjang tahun polemik mulai dari pelayanan transport, pemondokan, katering sampai ulah kelompok-kelompok layanan haji yang nakal.

Terakhir muncul suara-suara ketidakpuasan dari gedung parlemen atas pelayanan haji tahun ini. Keinginan untuk menggunakan hak angket tentu sah-sah saja. Karena DPR memang mengemban amanah sebagai pengawas penyelenggara pemerintahan.

Tetapi yang perlu digarisbawahi disini adalah upaya dari Depag sendiri dalam membenahi persoalan internal mereka. Sudah bukan rahasia lagi kalau disana (Depag) merupakan sarang penyamun. Dan ini sudah mengakar sejak dulu. Bahkan di era Gus Dur berkembang wacana untuk membubarkannya saja.

Mereformasi depag merupakan langkah yang patut didukung. Dan ini sudah mulai dilakukan oleh Menteri Agama sekarang.

Hanya saja ekses dari gerakan reformasi ditubuh Depag telah mengusik mereka-mereka yang selama ini telah menjadi parasit. Sehingga dengan berbagai cara dan rekayasa terus menyudutkan atau bahkan melimpahkan kesalahan kepada pemerintah.

Cara-cara seperti ini menunjukkan kepanikan serta ketakutan kelompok yang merasa terancam dari program reformasi di tubuh Depag.

Untuk itu kita harus lebih bijak dalam menyikapi dinamika dalam tubuh Depag. Dengan adanya keinginan DPR untuk menggunakan hak angketnya kita tentu berharap persoalan akan semakin jelas sehingga publik pun dapat menilai mana yang benar atau hanya sekedar ulah kelompok sakit hati karena tidak bisa seenaknya lagi mempermain-mainkan jamaah haji.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: