qflee

Menghadang incumbent

In Tak Berkategori on 20 Oktober 2008 at 8:05 pm

Keinginan SBY untuk kembali maju dalam pemilhan presiden akan datang menjawab sudah teka-teki selama ini. Bahkan beliau pun secara tersirat masih menginginkan MJK untuk mendampinginya.
Nampaknya genderang perang telah ditabuh. Akankah ini isyarat serius bagi tokoh tokoh nasional yang selama ini getol menyuarakan perubahan kepemimpinan?
Bagi mereka tentu tidak ada jalan lain selain merapatkan barisan (koalisi) melawan pasangan incumbent tersebut. Kenapa harus koalisi? Kita kembali pada pengalaman selama ini partai yang berkuasa tidak bisa memerintah tanpa menggandeng partai lain yang lebih kecil. Bahkan semakin banyak partai yang bergabung semakin mempermudah partai tersebut menjalankan kekuasaannya. Namun koalisi yang dibangun atas dasar bagi-bagi kue kekuasaan tidak akan bisa bertahan lama. Ini karena komitmen partai sangat rentan oleh gesekan kepentingan.
Untuk itu tanpa ada komitmen kuat dari partai yang dibangun atas dasar kepentingan bangsa mustahil bisa langgeng. Sekarang memang sudah jelas posisi masing-masing kandidat hanya saja masih perlu ada rumusan baku yang disepakati oleh tokoh pembaharu tersebut sehingga akan lebih mengerucutkan nama yang akan tampil menghadapi incumbent tadi.
Berdasarkan survei terakhir dapat kita lihat adanya kecenderungan masyarakat untuk memilih wajah baru. Ini nampak dalam pencitraan diri Prabowo, Yusril atau Sutrisno. Dimana selama ini mereka mampu menempatkan diri sebagai tokoh nasional yang pantas memimpin republik ini. Hanya saja perlu diingat bahwa masih ada proses konsolidasi panjang yang harus dilalui oleh mereka dimana tidak menutup kemungkinan untuk saling memberi jalan agar lebih memudahkan pencapaian target.
Semuanya tentu terpulang pada partai-partai apakah mereka sanggup melepas ego partainya demi memuluskan jalan bagi mereka mencapai kekuasaan nasional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: