qflee

Perlukah Revisi UU Pemilu?

In Tak Berkategori on 5 September 2008 at 7:39 am

Adanya desakan dari sejumlah parpol untuk merevisi UU Pemilu mendapat tanggapan beraneka ragam. Meskipun subtansi dari revisi tersebut hanya berkisar pada perdebatan penentuan caleg berdasarkan nomor urut atau memakai pola suara terbanyak.
Ada sisi menarik dari keinginan beberapa parpol besar menggunakan pola suara terbanyak. Bahwa keinginan tersebut muncul pada saat proses penentuan caleg sedang berlangsung di KPU. Ternyata aspirasi dari bawah ini langsung direspon. Dengan kata lain parpol tersebut mengikuti arus.
Kita tentunya maklum jika partai sekarang mencoba mencuri hati para pemilih. Ini tentu menguntungkan bagi pemilih dalam menentukan pilihannya. Namun seyogyanya tidak semua aspirasi harus mengorbankan konsistensi kita dalam menjalankan amanah UU. Sikap partai yang demikian mencerminkan sikap yang tidak patut dalam usaha penegakan aturan. Utak atik aturan sesuai dengan selera elit bisa menjadi preseden buruk kedepannya. Apalagi masih ada agenda politik nasional yang lebih besar lagi yang akan kita hadapi.
Kita tidak bisa berspekulasi dengan waktu. Karena tidak ada satupun jaminan bahwa dengan memakai metode suara terbanyak maka kualitas demokrasi akan lebih bagus. Sebenarnya ada hal yang lebih krusial yang mampu mengangkat derajat demokrasi kita. Pola rekruitmen caleg yang sistimatis dan berjenjang adalah syarat mutlak mendapatkan kualitas legislator mumpuni. Dengan demikian bisa mengeleminir munculnya kader-kader spekulan atau kutu loncat.
Harapan kita dengan usulan revisi ini, para wakil rakyat kita bisa berpikir tenang dan jernih. Bukan hanya karena kepentingan sesaat partai maka kepentingan yang lebih besar dikorbankan.
Revisi terbatas bukanlah barang haram. Tapi jangan langsung euforia. Masih banyak hal penting lain yang harus kita benahi bersama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: